Fakultas Hukum Universitas Diponegoro

Menuju Fakultas Bertaraf Internasional

Jl. Prof. Soedarto, S.H. Tembalang, Semarang. Telp : +62-2476918201, Fax :+62-247691820, email : it.fh@live.undip.ac.id

Fakultas Hukum Universitas Diponegoro

Menuju Fakultas Bertaraf Internasional

Jl. Prof. Soedarto, S.H. Tembalang, Semarang. Telp : +62-2476918201, Fax :+62-247691820, email : it.fh@live.undip.ac.id

The child has one intuitive aim: self development

POSBAKUM Pengelolaan Keuangan dan Kearsipan Desa

Bagian Hukum Administrasi Negara Fakultas Hukum Universitas Diponegoro kembali menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat, pada tanggal 4-6 September 2020, di Desa Kebanggan, Kecamatan Moga, Kabupaten Pemalang. Kegiatan pengabdian ini berbentuk pos bantuan hukum (posbakum) dengan mengangkat dua tema besar, yaitu: “Pengelolaan Keuangan Desa Dalam Menunjang Pembangunan Desa” serta “Peningkatan Kemampuan Perangkat Desa Dalam Tata Kelola Kearsipan Dan Pelayanan Masyarakat”.

Pengabdian Masyarakat Bagian Hukum Administrasi Negara FH UNDIP

Bapak Sonhaji, S.H.,M.S. selaku Ketua Bagian HAN FH UNDIP menyampaikan bahwa kegiatan pengabdian ini, merupakan kegiatan yang diadakan oleh dosen-dosen Bagian HAN FH UNDIP dalam menjalankan tri dharma sebagai bagian dari tugas dan fungsi dosen. Lebih lanjut Beliau menyampaikan bahwa kegiatan pengabdian ini merupakan kegiatan pengabdian yang kedua di tahun 2020, setelah kegiatan pertama diselenggarakan di Temanggung, pada bulan Februari 2020. Selain melakukan kegiatan pengabdian berupa pemberian materi hukum, kegiatan pengabdian pada semester ini juga ditandai dengan pemberian bantuan berupa multivitamin penambah darah dan daya tahan tubuh kepada masyarakat Desa Kebanggan yang hadir mengikuti kegiatan pengabdian.

Pada kesempatan ini, teknis kegiatan pengabdian dilakukan dengan membentuk dua kelompok. Kelompok pertama mengangat tema keuangan desa, dengan ketua kelompok Ibu Henny Juliani, S.H.,M.H. Kelompok kedua mengangkat tema pengelolaan kearsipan desa, dengan ketua kelompok Bapak Sri Nurhari Susanto, S.H.,M.H. Kegiatan ini dipandu oleh Bapak Dr. Budi Ispriyarso, S.H.,M.Hum.

Ibu Henny Juliani, S.H.,M.H. dalam paparannya menyampaikan bahwa keuangan desa wajib dikelola dengan mendasarkan pada asas transparan, akuntabel, partisipatif serta dilakukan dengan tertib dan disiplin anggaran. Pengelolaan keuangan desa yang efektif dan efisien akan mendukung pelaksanaan pembangunan di desa. Bapak Sri Nurhari Susanto, S.H.,M.Hum dalam presentasinya menyoroti tentang urgensinya pengelolaan arsip di desa, menganalisis faktor-faktor yang menjadi penghambat dalam pengelolaan arsip di desa, serta solusi ke depan dalam pengelolaan kearsipan di desa.

Pasca pemaparan materi, dilanjutkan dengan diskusi berkaitan dengan tema pengabdian. Masyarakat Desa Kebanggan sangat antusias di dalam mengikuti kegiatan ini, hal tersebut terlihat dari jumlah warga yang hadir dalam kegiatan tersebut, serta banyaknya pertanyaan yang muncul dalam diskusi tersebut. Masyarakat juga diberi kesempatan untuk melakukan diskusi secara daring setelah kegiatan luring.

Pada akhir kegiatan, Bapak Anis Hidayat, selaku Kepala Desa Kebanggan, menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan pengabdian tersebut, meskipun kondisi saat ini dalam masa pandemi covid-19.  Beliau juga menyampaikan rasa terima kasihnya atas kesadaran dari masyarakat untuk mengikuti kegiatan pengabdian dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Lebih lanjut Bapak Anis Hidayat juga berharap kerjasama kegiatan pengabdian ini dapat berlangsung secara kontinyu nantinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *