+62 24-76918201 Fax : +62 24 – 76918201 fh@live.undip.ac.id

Dok : ( Kiri Ke Kanan) , Wakil Dekan Bidang akademik dan Kemahasiswaan  FH Undip , Dr. Tri Laksmi Indreswari, S.H., M.Hum , Ibu Ro’fah Setyawati , S.H.,M.Hum. , Ph.D., Para Narasumber ( Dr, Ani Purwanti ,S.H.,M.Hum, Prof. Dr. FX Djoko Priyono ,S.H.,M.Hum. dan Ibu Fahimah) dan Dekan FH Undip , Prof. Dr. Retno Saraswati,S.H.,M.Hum.

Penulisan dan Publikasi artikel Ilmiah merupakan salah satu komponen yang harus dicapai  oleh para akademisi di Indonesia setelah melakukan penelitian. Penerbitan artikel ilmiah pada jurnal ilmiah bereputasi Inetrnasional menjadi tantangan bagi setiap para akademisi Nasional. Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Riset , Teknologi dan Pendidikan Tinggi  terus mendorong para akademisi nasional untuk menulis dan mempublikaikan hasil penelitian serta konsep pemikirannya kedalam suatu publikasi jurnal Internasional yang terindeks scopus. Dalam merespon hal tersebut , Pengelola Jurnal Diponegoro Law Review mengadakan workshop dengan tema :  “ Teknik Penulisan Artikel dan Publikasi Jurnal Internasional “.

Manfaat internal penyelenggara acara ini bertujuan untuk memberikan tips dalam penulisan artikel hukum berstandar Internasional dari segi konteks subastansi  dan gaya penulisan , serta memberikan informasi kepada  para dosen di lingkungan FH Undip mengenai mekanisme , tantangan dan kendala  memasukan artikel  untuk dipublikasikan kedalam Jurnal Internasional.  Acara ini diselenggarakan pada tanggal 21 Nopember di Ruang Seminar Gedung Litigasi FH Undip  dan dihadiri oleh sejumlah Dosen  beserta jajaran Pimpinan. Pembukaan acara dimulai dengan pidato Dekan Fakultas Hukum Undip , Prof. Dr. Retno Saraswati , S.H.,M.Hum. ,  yang dilanjutkan dengan  pemaparan materi yang disampaikan oleh sejumlah narasumber antara lain :

  1. Dr. Ani Purwanti , S.H.,M.Hum. ( Dosen Bagian Hukum dan Masyarakat & Anggota Badan Pembinaan Ideologi Pancasila) – Menuju Publikasi Jurnal Internasional Bereputasi
  2. Prof. Dr. FX Djoko Priyono , S.H.,M.Hum. ( Guru Besar Hukum Internasional FH Undip)- Teknik Penulisan Artikel Jurnal
  3. Ibu fahimah ,S.Sos. ( Kepala Bagian Perpustakaan FH Undip) – Teknik Publikasi Jurnal

Setelah para narasumber menyampaikan materi pelatihan , para peserta diberikan kesempatan untuk melakukan diskusi Tanya jawab dengan para narasumber .  Semoga dengan diadakannya pelatihan ini dapat mendorong  tekad para dosen Fakulta Hukum Undip untuk terus berkarya mengahasilkan karya-karya ilmiah yang bermutu tinggi dan dapat dipublikasikan pada Jurnal bereputasi Internasional, sehingga  hasil pemikiran dan penelitiannya dapat dikenal serta dimanfaatkan  sebagai bahan rujukan pemecahan isu hukum  dalam masyarakat baik tingkat nasional maupun tingkat  global.

DOKUMENTASI