+62 24-76918201 Fax : +62 24 – 76918201 fh@live.undip.ac.id

Foto penyerahan Piala juara 1 , 2 dan 3

National Moot Court Competition Piala Prof. Soedarto pada tahun 2019 ini telah terlaksana sebanhyak 7 kali. Acara yang diinisiasi oleh Unit Kegiatan Mahasiswa tingkat Fakultas Kelompok Peradilan Semu Pseudoretchpraak ini dilaksanakan dua tahun sekali.

National Moot Court Competition Piala Prof. Soedarto VII (Selanjutnya disingkat NMCC Piala Prof. Soedarto VII) telah dilaksanakan sejak tanggal 13 – 16 September 2019. Acara ini diikuti oleh 16 Delegasi dan yang terdiri dari Universitas Negeri Semarang, Universitas Brawijaya, Universitas Haluoleo, Universitas Pembagunan Veteran Jakarta, UniversitasAirlangga, Univertsitas Padjajaran, Universitas Bhayangkara Surabaya, Universitas Parahyangan, Universitas Al Azhar Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Pasundan, Universitas 17 Agustus 1945 Semarang, Universitas Sam Ratulangi, Universitas Jenderal Soedirman, dan Universitas Mataram. Selain 16 delegasi, terdapat 4 Observer yang mengikuti NMCC Soedarto VII ini yaitu Universitas Sumatera Utara, Universitas Hassanudin,Universitas Bina Nusantara dan Universitas Islam Sultan Agung.

“NMCC Piala Prof Soeadarto merupakan salah satu kompetisi peradilan semu yang ditunggu-tunggu oleh kalangan mahasiswa hukum se-Indonesia. Mahasiswa dari berbagai daerah di seluruh Indonesia selalu merebutkan posisi untuk bisa mendaftar jadi delegasi di kompetisi ini. Tahun ini dipenyelenggaraan ke-7, NMCC Piala Prof. Soedarto berhasil melaksanakan segala rangkaian acara, maupun persidangan, dengan baik. Dengan penyelenggaraan yang disandingi seminar nasional oleh Lembaga Penjamin Simpanan, tentunya lebih meningkatkan standar kompetisi ini dan benar-benar menunjukkan hakikat edukasi didalamnya. Terima kasih kepada seluruh mahasiswa hukum dari berbagai universitas yang telah menyukseskan acara ini. Kiranya, ilmu yang kalian dapat selama berproses untuk persiapan kompetisi ini bisa kalian terapkan dikehidupan kampus kalian masing-masing” kata Billy Panjaitan sekalu Director UKM-F Pseudorechtspraak.

Acara dimulai pada tanggal 13 September 2019 yang diawali dengan Opening Ceremony yang dilaksanakan di Gedung Serbaguna Akademi Kepolisian. Opening Ceremony ini dihadiri oleh perwakilan keluarga Prof. Soedarto (Bapak Budhi Wicaksono S.H., M.H.) Dekan Fakultas Hukum Universitas Diponegoro (Prof. Dr. Retno Saraswati, S.H. M.Hum.) dan Kepala Bagian Hukum Pemerintah Kota Semarang (Suparman, S.H., M.M) sebagai perwakilan dari pemerintah kota semarang.

Pada hari kedua pada tanggal 14 September 2019 adalah hari perlombaan yang dilaksanakan di Pengadilan Negeri Semarang. Kegiatan ini dimulai sejak pukul 08.00 hingga 18.00 yang terbagi dalam beberapa sesi. Setelah perlombaan selesai dilanjutkan dengan perhitungan nilai untuk mengetahui delegasi mana yang akan lolos ke babak final.

Pada hari ketiga pada tanggal 15 Agustus 2019 adalah Babak Final. Babak final dimulai sejak pukul 08.00 hingga pukul 17.30. dari 16 delegasi hanya 4 delegasi yang lolos ke babak final. Setelah babak final selesai dilanjutkan dengan Malam Keakraban. Malam keakraban dimulai pada jam 18.00 yang berlokasi di Kampung Laut.

Dok :  Seminar Nasional Lembaga Penjamin Simpanan dan KOmite Stabilitas Sistem Keuangan di Hotel PO Semarang

Pada hari ke empat pada tanggal 16 Agustus 2019 diawali dengan Seminar Nasional yang bekerjasama dengan Lembaga Penjamin Simpanan dan Komita Stabilitas Sistem Keuangan yang berlokasi di PO Hotel. Seminar Nasional ini mengusung  tema “Paradigma Baru Pencegahan dan Penanganan Krisis Sistem Keuangan” dan yang menjadi pembicara dalam seminar ini adalah Dr. Paramita Prananingtyas, S.H.,LLM., (Dosen Fakultas Hukum Universitas Diponegoro),  Deni Ridwan, Phd (Direktur Manajemen Risiko dan Hukum, Sekretariat Komite Stabilitas Sistem Keuangan) , Beko Setiawan, S.T.,S.H.,M.H. (Direktur Grup Peraturan Lembaga Penjamin Simpanan)

 Setelah itu dilanjutkan dengan City Tour yang dilaksanakan di Sam Poo Kong. Pada pukul 17.00 dilanjutkan dengan perhitugan nilai babak final yang dilaksanakan di Gedung Serba Guna Akademi Kepolisian yang dihadiri oleh perwakilan delegasi babak final. Pada pukul 18.00 acara dilanjutkan dengan Closing Ceremony yang dilaksanakan di Gedung Serba Guna Akademi Kepolisian.

Closing Ceremony dihadiri oleh Wakil Dekan I Fakultas Hukum Uiversitas Diponegoro (Dr. tri laksmi indreswari S.H., M.H.) , dan Perwakilan dari Pemerintahan Kota Semarang (Drs. Satrio Imam M.S.e). pada Closing Ceremony ini dibacakan mengenai peran-peran terbaik diantaranya :

  1. Peran Penuntut Umum terbaik yang diraih oleh Universitas Gadjah Mada,
  2. Peran Majelis Hakim Terbaik diraih oleh Universitas Gadjah Mada,
  3. Peran Penasihat Hukum Terbaik diraih oleh Universitas Katolik Parahyangan,
  4. Peran Panitera Terbaik diraih oleh Universitas Gadjah Mada,
  5. Peran Saksi/ahli Terbaik diraih oleh Universitas Gadjah Mada,
  6. Peran Terdakwa Terbaik diraih oleh Universitas Airlangga, dan
  7. Berkas Terbaik diraih oleh Universitas Gadjah Mada.

Setelah pengumuman peran terbaik tibalah pada acara pembacaan Juara 1,2 dan 3 pada Kompetisi kali ini. Juara 1 diraih Oleh Universitas Gadjah Mada, Juara 2 diraih Oleh Universitas Airlangga, dan Juara 3 diraih oleh Universitas Padjajaran.

“Alhamdulillah, tahun ini NMCC Soedarto sudah memasuki edisi yang ketujuh, dengan minat peserta yang sangat tinggi dalam mengikuti kegiatan ini puji syukur pelaksanaan rangkaian acara NMCC Piala prof soedarto VII tahun ini berjalan dengan baik secara keseluruhan , saya pribadi berharap dengan diadakannya NMCC piala Prof soedarto ini bisa membentuk calon penegak hukum yang jujur dan bersih sesuai dengan tema acara kami, dan juga saya berharap teman peserta semua bisa mendapatkan manfaat dengan mengikuti perlombaan ini. sekian dari saya kurang lebih nya mohon maaf” kata Abdurrahmah Al Risjad selaku Ketua Panitia NMCC Soedarto VII

Terima Kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung dan turut menyukseskan acara ini. Selamat kepada para pemenang yang telah menjuarai National Moot Court Competition Soedarto VII ini. Mohon Maaf apabila kami selaku panitia belum maksimal dalam menjamu atau melaksanakan kegiatan ini.

Sampai Jumpa di NMCC Soedarto VIII.

Dokumentasi Kegiatan

Kegiatan Lomba di Pengadilan Negeri Semarang

Foto bersama seluruh Delegasi dan Observer di Sam Poo Kong  

Tangis haru Delegasi FH UGM yang dinyatakan sebagai Pemenang Piala Prof. Soedarto VII 2019