+62 24-76918201 Fax : +62 24 – 76918201 fh@live.undip.ac.id

Doc : Pemasangan emblem dan Pita oleh  Rektor  Universitas Diponegoro , Prof. Dr. Yos Johan Utama , S.H.,M.Hum. kepada Prof. Dr, Kholis Roisah , S.H.,M.Hum. sebagai simbolisasi secara resmi sebagai Professor bidang Ilmu Hukum

Semarang , 2 Nopember 2019 –  Menjelang akhir tahun , Fakultas Hukum Universitas Diponegoro   kembali  menambah jumlah  Guru Besar . Pada kesempatan kali ini , sosok akademisi Fakultas Hukum Undip  yang  resmi dikukuhkan oleh Rektor Universitas Diponegoro sebagai Guru Besar  ialah Prof. Dr. Kholis Roisah , S.H.,M.Hum yang merupakan Dosen Bagian Hukum Internasional .  Acara pengukuhan Guru Besar Prof. Kholis Roisah , S.H.,M.Hum dilangsungkan secara bersamaan dengan pelantikan guru besar lainnya  yaitu rof. Dr. Aries Susanty, ST.,MT dari Fakultas Teknik, Prof. Dr.Ir. Delianis Pringgenis, M.Sc. dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan  pada hari Sabtu  2 Nopember 2019.  Turut hadir   pada  momen   resmi antara lain  keluarga  calon Guru Besar , sejumlah pejabat dan civitas akademika di lingkungan  Universitas Diponegoro .

Upacara pelantikan ini dipimpin secara langsung oleh  Rektor Universitas Diponegoro , Prof. Dr.Yos Johan Utama , S.H.,M.Hum. dan Ketua Senat Akademik Universitas Diponegoro , Prof.Dr.Ir. Sunarso.,M.S.  di  Gedung Prof. Soedharto, Kampus Tembalang.  Pembukaan acara ini diawali dengan Pidato sambutan oleh Rektor Universitas Diponegoro , Prof. Dr. Yos Johan Utama , S.H.,M.Hum. yang menyatakan bahwa hingga saat ini Universitas Diponegoro  fokus untuk mengejar target untuk mendapatkan 10 persen guru besar dari total jumlah dosen . Upaya yang telah dilakukan antara lain  memebrikan biaya studi untuk melanjutkan program studi program doctor ( S3) yang ditindaklanjuti  dengan upaya untuk mendorong meraih gelar professor. Menurut Beliau “ salah satu caranya adalah dengan  program 1 orang professor melakuakn kaderisasi terhadap  satu akademisi  dengan tingkat pendidikan Doktor (S-3) untuk meraih gelar Professor. Sedangkan cara lainnya adalah dengan membagikan success story para professor kepada para kandidat guru besar .

Puncak acara  diisi dengan  pidato orasi ilmiah oleh Para Guru Besar yang telah dikukuhkan resmi . Pada orasi ilmiahnya , Prof. Dr. Kholis Roisah S.H.,M.Hum. menyampaikan   topic materi yang berjudul “ Aksentuasi Kepemilikan Kolektif sebagai Respon terhadap Tatanan Global Hak Kekayaan Intelektual” . Dalam pemaparannya , Beliau menyatakan bahwa : “ Pada politik hukum Hak Kekayaan Intelektual pada masa mendatang diperlukan adanya rekonstruksi pada system hukumnya dengan harapan akan dapat memberikan perlindungan kepemilikan Hak Kekayaan Intelektual pada sebagian komunitas pengahasil kreatifitas intelektual.”

Prof. Dr. Kholis Roisah , S.H.,M.Hum. merupakan  Dosen Hukum Internasional dengan kepakaran dibidang  Hukum Internasional Publik dan Hak Kekayaan Intelektual . Dalam perjalanan karirnya sebagai akademisi , Beliau telah aktif mengajar di Fakultas Hukum selama kurun waktu tiga puluh tahun lebih dan menghasilkan karya berupa buku serta artikel ilmiah pada sejumlah jurnal bereputasi nasional maupun Internasional.

Semoga dengan pengukuhan gelar guru besar yang telah  disandang oleh Prof. Kholis Roisah  , S.H.,M.Hum dapat terus  berkarya dan menyumbangkan ide keilmuan pada bidangnya  demi mengharumkan nama almamater  dan Negara Kesatuan Negara Republik , serta  dapat  memotivasi semangat para civitas akademika fakultas hukum lainnya  untuk  terus bergerak maju untuk menjadi  Guru Besar .

DOKUMENTASI