+62 24-76918201 Fax : +62 24 – 76918201 fh@live.undip.ac.id

Semarang , 29 April 2019- Prof. Dr. Yos Johan Utama , S.H., M.Hum. telah secara resmi dilantik oleh Majelis Wali Amanat UNDIP sebagai Rektor Periode masa bakti 2019-2024. Acara pelantikan dan pengambilan sumpah berlangsung di Hall Gedung Soedarto , Kampus Tembalang Universitas Diponegoro . 

Dalam agenda pelantikan ini , Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H., M.Hum selaku Rektor Universitas Diponegoro periode 2015-2019 menyampaikan sejumlah prestasi Universitas Diponegoro yang meningkat pesat dibandingkan periode sebelumnya.  Mekanisme Pelantikan Rektor oleh Majelis Wali Amanat merupakan yang pertama kali bagi UNDIP selaku Perguruan Tinggi Negeri –Badan Hukum ( PTN-BH) , dimana sebelumnya Rektor dilantik oleh Menteri Ristekdikti ketika UNDIP masih berstatus Badan Layanan Umum. Upacara pelantikam dan pembacaan sumpah dipimpin secara langsung oleh Ketua Majelis Wali Amanat Universitas Diponegoro , Prof. Muliaman Darmansyah Hadad, S.E., M.PA., PhD.

Pada awal pidato sambutannya , Prof. Dr. Yos Johan Utama , S.H., M.Hum. menyatakan bahwa : “  Berawal dari empat tahun yang lalu seluruh entitas akademisi UNDIP  berjuang bersama, bahu membahu tiada lelah,  berusaha menaikan rangking dari peringkat 10 pada tahun 2015 hingga sampai tahun 2018 Undip berhasil  menduduki peringkat ke-5 dari total sekitar 4.663 Perguruan Tinggi di Indonesia.  Menurut Beliau ,  untuk mengelola Perguruan Tinggi yang profesional dan bertanggung jawab sangat dibutuhkan integritas dan semangat juang, tata kelola Undip harus ditangani oleh orang-orang tidak hanya cakap, tapi juga punya motivasi diri untuk berfikir, berbuat, bertindak, dan berinovasi setiap saat.

Prof. Dr. Yos Johan Utama , S.H., M.Hum. juga memohon doa restu dalam memimpin UNDIP pada periode yang kedua . “  Selaku kapten kapal induk bernama Undip, dengan awak hampir 4.000 orang, dan penumpang 53.000 orang, tidak hanya aman dalam berlayar tapi cepat mencapai tujuan, memenangkan setiap pertempuran, dan mampu menerbangkan pesawat-pesawatnya yang berisi patriot-patriot NKRI melesat ke udara untuk menguasai jagat keilmuan di seantero dunia namun tetap mengakar pada Pancasila dan NKRI,” pungkas  Rektor UNDIP ketiga yang berasal dari FH UNDIP tersebut

Beliau menyampaikan kepada seluruh civitas akademika untuk terus berjuang membawa nama Universitas Diponegoro untuk terus bersemangat menyelami khasanah keilmuan.

Acara pelantikan dan pembacaan sumpah dihadiri oleh seluruh civitas akademika Universitas Diponegoro baik Mahasiswa, Dosen, Tenaga Kependidikan serta kolega dari kalangan pejabat Pemerintahan Republik Indonesia , antara lain :

  1. Menteri Riset dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia – Prof.H. Mohammad  Nasir , Ak,, P,hD.
  2. Gubernur Provinsi Jawa Tengah – Bapak Ganjar Pranowo , S.H., M.IP.
  3. Kapolda Jawa Tengah – Komjen. Pol. Drs. Condro Kirono, M.M., M.Hum.
  4. Panglima  Kodam VII Diponegoro –Mayor Jenderal TNI  Mochamad Effendi
  5. Ketua DPRD Jawa Tengah – Dr. Rukma Setyabudi, M.M.
  6. Ketua Dewan Pengawas RRI – Mistam
  7. Sejumlah Perwakilan DPR –RI
  8. Rektor PTN dan PTS di Jawa Tengah