+62 24-76918201 Fax : +62 24 – 76918201 fh@live.undip.ac.id

Dok : Prof. Dr.Pujiono,S.H.,M.Hum pada saat menyampaikan  Pidato  dalam upacara pelantikan Guru Besar  di Gedung Prof. Soedarto ,S.H. , Kampus UNDIP Tembalang

Semarang ,  17 Desember 2019-  Pada penghujung tahun 2019, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro kembali menambah dan mendapatkan seorang Guru Besar. Pakar Hukum Pidana Dr.Pujiono ,S.H.M.Hum. telah resmi dikukuhkan oleh Rektor Universitas Diponegoro , Prof. Dr. Yos Johan Utama , S.H.,M.Hum. sebagai  Profesor  Hukum Pidana. Acara pengukuhan tersebut diselenggarakan pada hari Selasa (17/12) 2019 di Gedung Prof. Soedarto,S.H.. Turut hadir pada kesempatan itu para keluarga , Sejumlah Guru Besar  Fakultas Hukum Universitas Diponegoro , senat akademik serta jajaran Pimpinan Universitas Diponegoro.

Dok : Prosesi Pengukuhan Prof. Dr. Pujiono, S.H.,M.Hum. oleh Rektor Undip Prof. Dr. Pujiono,S.H.,M.Hum. dan Ketua Senat Akademik, Prof. Dr. Ir. Sunarso,M.S.

Dalam pidato pengukuhannya , Prof. Dr. Pujiono,S.H.,M.Hum. mengangkat topic mengenai :  “ Pembaharuan Pertanggungjawaban Pidana Korporasi Melalui Pendekatan Restoratif Justice dalam Model Dual Track System Selective”.  Isu Hukum ini dipilih  untuk menjadi referensi  kajian pembaharuan model pertanggungjawaban pidana korporasi yang berkesinambungan  demi melindungi masyarakat dan  keberlanjutan kehidupan korporasi . Prof. Dr. Pujiono menekankan bahwa : “Dalam praktek tidak banyak korporasi yang dipertanggungjawabkan secara pidana atas tindak pidana yang dilakukan dikarenakan kelemahan formulasi perundang-undangan dan secara sosiologis dalam penegakan hukum tindak pidana korporasi, terdapat “ambivalensi” antara dampak negatif timbul terhadap masyarakat (konsumen, tenaga kerja, pendapatan negara, dan lain-lain) dengan upaya keharusan melakukan pemidanaan,”.

Prof. Dr. Pujiono  menjadi Guru besar ke-16 dalam sejarah Fakultas Hukum Universitas Diponegoro. Hal ini sekaligus mempertegas Fakultas Hukum Universitas Diponegoro sebagai salah satu fakultas hukum pencetak Guru Besar Bidang Konsentrasi Hukum Pidana terbaik di Tingkat Nasional. Berikut ini daftar nama Guru Besar Hukum Pidana yang berasal dari Universitas Diponegoro diantaranya Prof. Soedarto ,S.H. , Prof. Dr. IS Susanto ,S.H. , Prof. Dr. Muladi ,S.H., Prof. Dr. Barda Nawawi Arief ,S.H.  Prof. Dr. Paulus Hadisuprapto , S.H.M.S. dan Prof. Dr. Nyoman Sarikat Putera Jaya ,S.H.,M.Hum.

Semoga dengan dilantiknya Prof. Dr. Pujiono ,S.H.,M.Hum. sebagai Guru Besar dapat terus meningkatkan kiprahnya  dan sumbangsihnya terhadap pengembangan keilmuan hukum khusunya hukum pidana dalam pembangunan nasional sehingga dapat memberikan manfaat bagi bangsa dan Negara.

DOKUMENTASI