+62 24-76918201 Fax : +62 24 – 76918201 fh@live.undip.ac.id

Dok :  Para Narasumber ( Kiri ke Kanan ) , Dr.Yunanto, S.H.,M.Hum dan Dr. Siti Malikhatun Badriyah, S.H.,M.Hum. berfoto bersama Dekan Fakultas Hukum UNDIP, Prof.Dr. Retno Saraswati, S.H.,M.Hum. ( Kedua dari Kanan ) dan Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Dr. Tri Laksmi Indreaswari,S.H.,M.Hum.

Semarang, 10 Januari 2020-  Dalam rangka memperingati Dies Natalis Fakultas Hukum Universitas Diponegoro ke-63 , Para civitas akademika FH UNDIP mengadakan serangakain kegiatan . Rangkaian  kegiatan dies natalis ke -63 diawali dengan acara  pembuka yaitu Orasi Ilmiah.  Acara Orasi Ilmiah diselenggarakan pada hari Kamis 9 Januari 2020 bertempat di Selasar Gedung Dekanat Fakultas Hukum Universitas Diponegoro  yang mengangkat Tema : “Maju & Sejahtera Bersama .”  Turut hadir pada kesempatan kali ini diantaranya Rektor Universitas Diponegoro , Prof. Dr. Yos Johan Utama , Wakil Rektor Bidang Riset dan Kerjasama , Prof. Dr. Ir. Ambariyanto, M.Sc., sejumlah Dekan di lingkungan Universitas Diponegoro, Perwakilan Fakultas Hukum se Kota Semarang , para Dosen , Tenaga Kependidikan  dan  Mitra Fakultas Hukum Undip seperti  Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah , Kejaksaan Negeri Kota Semarang , Bank Tabungan Negara , Bank  Mandiri serta BNI 46.

Dok : Rektor Universitas Diponegoro , Prof. Dr. Yos Johan Utama ,S.H.,M.Hum. memberikan sambutan dalam pembukaan acara Orasi Ilmiah Dies Natalis ke -63 FH Undip

Pembukaan kegiatan orasi ilmiah diawali dengan Pidato Sambutan dari Rektor Universitas Diponegoro , Prof. Dr. Yos Johan Utama , S.H.,M.Hum. Dalam pidatonya , Beliau menuturkan rasa bangganya terhadap capaian prestasi yang didapatkan oleh Fakultas Hukum  Undip  pada usianya yang ke-63 dalam menghasilkan alumni –alumni yang berkarya pada berbagai bidang hukum baik di tingkat nasional maupun Internasional. Beliau menambahkan bahwa Fakultas Hukum Undip merupakan jurusan terfavorit pilihan pertama kluster sosial humaniora pada SBMPTN tahun 2019  dan mengharapkan prestasi serta reputasi ini dapat terus dipertahankan oleh seluruh keluarga besar Fakultas Hukum Undip.

Dok : Prof. Dr. Retno Saraswati , S.H.,M.Hum selaku Dekan menyampaikan pemaparan tentang Prestasi dan Kinerja Fakultas Hukum Undip  pada acara Orasi Ilmiah Dies Natalis

Sesi berikutnya dilanjutkan dengan pemaparan capaian kinerja oleh Dekan  Fakultas Hukum Undip , Prof. Dr. Retno Saraswati , S.H.,M.Hum.. Dalam presentasinya , Dekan wanita pertama Fakultas Hukum  Undip ini menuturkan   sejumlah peningktan performa  pada bidang akademik dan non akademik . Menurut Prof. Dr. Retno Saraswati , prestasi membanggakan tersebut anatra lain dari Pertama ,  total jumlah 114 Dosen  mayoritas didominasi oleh dosen yang mempunyai kepangkatan lector kepala sejumlah 50 orang . Sedangkan jumlah guru besar yang dipunyai FH UNDIP adalah sejumlah 19 professor. Hal ini dapat menjadi poin keunggulan dalam proses akreditasi yang akan dilangsungkan pada tahun ini.

Prestasi kedua yang  tidak kalah membanggakan ialah tingkat publisitas dosen FH UNDIP  pada jurnal nasional maupun Internasional yang mengalami peningkatan .pesat.  Pada tahun 2019 , jumlah artikel dosen FH UNDIP yang terbit pada jurnal ilmiah nasional adalah sejumlah 46 paper pada jurnal terakreditasi dan 142 paper pada jurnal ilmiah tidak terkreditasi. Sedangkan untuk publikasi tingkat Internasional diantaranyta , 10 artikel pada jurnal internasional tidak terakreditasi, 22 artikel pada jurnal Internasional terindeks scopus dan 61 artikel prosiding internasional terindeks scopus. Indikator tersebut menunjukan tingginya output kinerja penelitian para dosen Fakultas Hukum Undip pada bidang penelitian. Selain itu , Beliau juga menyebutkan sejumlah prestasi membanggakan yang diraih para mahasiswa pada level nasional maupun internasional. 

Dok :  Penyampaian Orasi Ilmiah oleh Dr.Yunanto, S.H.,M.Hum. (kiri) dan Pemberian Piagam oleh Dekan Fakultas Hukum Undip kepada Dr.Yunanto, S.H.,M.Hum sebagai pembicara

Puncak acara  diisi dengan pemaparan orasi ilmiah yang menghadirkan dua orang pembicara dengan  kepakaran  di bidang Hukum Keperdataan yaitu Dr. Yunanto , S.H.,M.Hum dan Dr. Siti Malikhatun Badriyah, S.H.,M.Hum.. Dalam orasi ilmiahnya ,  Dr. Yunanto mempresentasikan makalah ilmiah yang berjudul problematika dalam penerapan Hukum Harta Kekayaan Perkawinan di Indonesia. Menurut Pakar Hukum Keluarga ini  , pluralisme hukum  dalam pengaturan harta kekayaan perkawinan telah menimbulkan problematika dalam penerapan hukumnya secara teori maupun praktek. Ketepatan interprestasi sumber hukum sebagi dasar untuk melakukan perbuatan Hukum terhadap harta kekayaan sangat perlu diperhatikan demi menghindari terjadinya multitafsir , kerancuan dan inkonsistensi dalam penegakan hukum harta kekayaan perkawinan.

Dok : Dr. Siti Malikhatun pada saat memberikan materi orasi Ilmiah kepada hadirin (  Kiri ) dan Penerimaan penyerahan piagam narasumber dari Dekan FH Undip  setelah penyampaian makalah orasi

Dr, Siti  Malikhatun  menyampaikan orasi ilmiah dengan mengangkat isu Hukum mengenai : Reformulasi Pengaturan Jaminan Hak Tanggungan di Indonesia. Pakar Hukum Jaminan ini menuturkan bahwa Hak tanggungan mempunyai peran penting dalam kegiatan bisnis guna menjamin keamanan piutang kreditur , keberadaanya tidak terlepas adanya perkembangan masyarakat pada era industri 4.0. Formulasi jaminan Hak tanggungan selama ini mempunyai disharmonisasi norma hukum dengan berbagai aturan hukum lainnya di bidang bisnis. Hal ini menimbulkan penafsiran yang berbeda pada praktek penerapannya sehingga menimbulkan ketidakpastian hukum.

Beliau menyarankan kepada pembentuk undang-undang untuk segera reformulasi pengaturan jaminan hak tanggungan dengan mengarmonisasikan aturan-aturan hukum lainnya  demi menciptakan keadilan , kepastian dan kemanfaatan pada praktek penjaminan bagi para pihak. Pada bagian akhir orasinya , Dr. Siti Malikhatun juga merekomendasikan kepada hakim yang menangani kasus jaminan , apabila terdapat kekosongan hukum maka para hakim dituntut untuk berpikir progresif untuk menemukan keadilan dalam memutuskan suatu perkara sesuai  nilai-nilai yang berkembang dalam masyarakat.

Dok : Dekan beserta  wakil Dekan Bidang Akademik – Kemahasiswaan berfoto bersama dengan Dosen dan Tendik yang purna tugas ( Kiri) dan Pemberian potongan Tumpeng kepada perwakilan dosen Muda , Aisyah Ayu Musyafah

Pada  sesi akhir  kegiatan  dilakukan Penyerahan Simbolik  piagam penghargaan kepada dosen dan staf FH undip yang telah purna tugas yaitu Prof. Dr. Etty Soesilowaty ,S.H.,M.S. Bapak Kashadi, S.H.,M.H.. dan Bapak Joko  oleh Prof. Dr. Retno Saraswati , S.H., M.Hum selaku Dekan Fakultas Hukum Undip. Kemudian acara ditutup dengan pemotongan tumpeng oleh Dekan Fakultas Hukum Undip , oleh Prof. Dr. Retno Saraswati , S.H., M.Hum kepada Prof. Dr, Achmad Busro ,S.H.M.Hum. mewakili Guru Besar dan diteruskan kepada perwakilan dosen muda FH Undip , Aisyah Ayu Musayafah ,S.H.,M.Kn.

DOKUMENTASI