Pada Hari Selasa, 9 Januari 2024 berlangsung kegiatan “Orasi Ilmiah” dalam rangka Dies Natalis ke-67 Fakultas Hukum Universitas Diponegoro. Kegiatan ini berlangsung di Ruang Fiat Jusicia, Gedung Samiadji Soerjotjaroko, S.H., Fakultas Hukum Universitas Diponegoro Tembalang Semarang.

Acara diawali sambutan dan pemaparan capaian 1 tahun dari Dekan Fakultas Hukum Undip Prof. Dr. Retno Saraswati, S.H., M.Hum., “Fakultas Hukum Undip menempati 3 besar menurut Versi Edurank 2023, menempatai ranking Asia 171, dan ranking dunia 910. Hal ini membuat kita terus berjuang untuk bisa naik peringkat. Tentu kita berharap semua bisa mengibarkan panji-panji FH Undip yang utama adalah memberikan pelayanan terbaik bagi mahasiswa baik dosen maupun tendik. Karena dengan memberikan pelayanan dapat membranding Fakultas Hukum Undip.”

Adapun Sambutan Rektor Undip Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H., M.Hum., “Kita menjual dari pelayanan, pelayanan prima yang kita utamakan. Doa saya FH Undip selalu jaya, menambah kesejahteraan warganya dan selalu di jalan Allah SWT.”

Acara berikutnya penandatanganan Prasasti Gedung Samiadji Soerjotjaroko, S.H. oleh Rektor dan Dekan FH Undip disaksikan perwakilan dari keluarga almarhum Bp. Samiadji Soerjotjaroko, S.H. Kemudian dilanjutkan dengan Orasi Ilmiah oleh para orator, yaitu :

  1. Orator ​Dr. Drs. Agus Sarono, M.H.
    ​​​Tema: “Membangun Respon Nasabah Bank Syariah dalam Perspektif Sosio Legal”
  2. ​​Orator ​Dr. Ery Agus Priyono, S.H., M.Si.
    ​​​Tema: “Potret Perjanjian Baku Waralaba di Indonesia (Ketika Ruh Ditinggalkan Jasadnya)”
  3. ​​Orator ​Dr. Amiek Soemarmi, S.H., M.Hum.
    ​​​Tema: “Tantangan dan Strategi Ketahanan Nasional dalam Pengelolaan Perikanan di Wilayah Perbatasan Negara Kesatuan Republik Indonesia”

Acara selanjutnya yaitu pemotongan tumpeng Dies Natalis oleh Dekan, disampaikan kepada dosen yang paling senior Prof. Dr. Yusriyadi, S.H., M.S. dan diserahkan kepada dosen paling muda Muhammad Ramdan, S.H., M.H.

Dilanjutkan dengan penyerahkan kenang-kenangan kepada Dosen dan Tendik yang telah purnabakti. Berikut nama-nama dosen dan tendik Purnabakti:
1. Prof. Erlyn Indarti, S.H., M.A., Ph.D. (Guru Besar Filsafat Hukum)
2. Lapon Tukan Leonard, S.H., M.A. (Dosen Hukum Acara)
3. Purwoto, S.H., M.Hum. (Dosen Hukum Pidana)
4. Dr. Bambang Dwi Baskoro, S.H., M.Hum. (Dosen Hukum Acara)
5. Suwondo Bejo Bisono (Tenaga Kependidikan)
6. Pujono (Tenaga Kependidikan)
7. Rusno (Tenaga Kependidikan)
8. Citrawati (Tenaga Kependidikan)
9. Eko Edy Nugroho, S.H. (Tenaga Kependidikan)
10. Ernawati, S.H., M.Kn. (Tenaga Kependidikan)