logo
More Links
94/ page Date Create :2017-06-12 05:29:21

[DOWNLOAD] Panduan Penulisan Hukum dan Jurnal.

PENGERTIAN
Penulisan Hukum adalah suatu karya tulis ilmiah yang dapat berbentuk memoranda hukum, studi kasus atau skripsi, yang disusun berdasar  hasil penelitian untuk membahas  masalah hukum (legal issues) dengan menggunakan kaidah-kaidah keilmuan hukum:

  1. Memoranda Hukum, adalah karya tulis ilmiah yang dituangkan sebagai pendapat hukum (legal opinion); nasehat hukum (legal advice) dan pemecahan masalah hukum (problem solving) yang dapat dipertanggung-jawabkan secara keilmuan.
  2. Studi Kasus Hukum, adalah karya tulis ilmiah yang disusun untuk memberikan tanggapan terhadap suatu putusan pengadilan atas suatu kasus hukum tertentu (nasional, internasional) yang telah memiliki kekuatan hukum tetap atau putusan lembaga ajudikasi lain.
  3. Skripsi, adalah suatu karya tulis ilmiah yang berupa paparan hasil penelitian yang membahas suatu  masalah dalam bidang ilmu hukum, didukung penelitian pustaka, penelitian dokumen dan penelitian lapangan (data empirik), untuk membahas permasalahan hukum dan pemecahannya dengan menggunakan kaidah hukum dan/atau kaidah ilmu lain yang berkaitan.

KEDUDUKAN DAN BOBOT  PENULISAN HUKUM
Kedudukan mata kuliah Penulisan Hukum merupakan Mata Kuliah Inti dalam kelompok Mata Kuliah Keahlian Berkarya (MKB), dengan bobot 2 (dua) SKS.

TUJUAN PENULISAN HUKUM
Penulisan Hukum bertujuan meningkatkan pemahaman dan kemampuan mahasiswa dalam penyusunan karya tulis ilmiah di bidang  hukum. Di dalam kerangka pencapaian tujuan ini, mahasiswa akan  memperoleh pemahaman dan kemampuan untuk:

  1. Melakukan studi pustaka di bidang ilmu hukum serta ilmu lain yang terkait.
  2. Mengumpulkan, mengolah, menganalisa dan menginter-pretasikan data atau informasi tentang masalah hukum tertentu, dalam rangka menjawab permasalahan hukum yang ada, baik secara normatif kualtitatif maupun empirik.
  3. Mengkaji permasalahan hukum sekaligus melahirkan pemikiran alternatif pemecahan atau penyelesaiannya.
  4. Merencanakan, mempersiapkan, melaksanakan dan sekaligus menyusun laporan.

MATERI PENULISAN HUKUM 
Materi Penulisan Hukum diangkat dari bidang ilmu hukum dan bidang ilmu yang terkait dengan didasarkan atas data atau informasi yang berasal dari kasus-kasus, studi kepustakaan atau penelitian lapangan.