logo
More Links
32/ page Date Create :2016-05-13 02:47:19

Organisasi Mahasiswa di Fakultas Hukum dibagi menjadi Senat Mahasiswa, Unit Pelaksana Kegiatan Pembinaan (UPK), Ikatan Organisasi Mahasiswa Sejenis (IOMS) dan Organisasi Mahasiswa Antar Kampus.

Di Fakultas Hukum terdapat Badan Perlengkapan Lembaga Kemahasiswaan yang meliputi :

  1. Senat Mahasiswa Fakultas Hukum (SEMA FH);
  2. Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Hukum (BEM FH).

Senat Mahasiswa Fakultas Hukum berfungsi sebagai Badan yang mewakili mahasiswa serta menampung dan menyalurkan aspirasi mahasiswa pada tingkat fakultas. Sedangkan BEM Fakultas Hukum berfungsi sebagai Badan yang menyelenggarakan seluruh kegiatan kemahasiswaan yang mencakup : (1) Bidang Penalaran, (2) Bidang Minat dan Bakat, (3) Bidang Kesejahteraan Mahasiswa.

Dalam rangka menyalurkan minat bakat dan penalaran mahasiswa, di Undip telah dibentuk berbagai wadah kegiatan yang terorganisasi dalam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Di tingkat Fakultas wadah tersebut disebut UPK (Unit Pelaksana Kegiatan). UPK di Fakultas Hukum antara lain :

  1. ALSA (Asean Law Student Association)
  2. Satya Dharma Gita (PSM)
  3. LPM Gema Keadilan
  4. Pseudorechtpraak
  5. Teater Temis
  6. Nebula Indonesia
  7. KKI (Koordinator Kegiatan Islam)
  8. PMK (Persekutuan Mahasiswa Kristen)
  9. PRMK (Pelayanan Rohani Mahasiswa Katholik)
  10. KSHI (Kelompok Studi Hukum Islam)
  11. KSBA (Kelompok Studi Bahasa Asing)
  12. KRD (Kelompok Riset dan Debat)
  13. KDKS (Kelompok Diskusi Kelas Sosial)
  14. UPK Sepakbola FH Undip
  15. UPK Bola Basket FH Undip
  16. dan beberapa lainnya.

Disamping kedua wadah tersebut, juga ada Pengembangan Ikatan Organisasi Mahasiswa Sejenis (IOMS) dan Organisasi Mahasiswa Antar Kampus. Program ini dimaksudkan untuk menanamkan sikap ilmiah, pemahaman tentang arah profesi dan sekaligus meningkatkan kerjasama, rasa persatuan nasional dan bahkan terciptanya saling pengertian dikalangan mahasiswa baik tingkat regional maupun internasional dan memperluas wawasan kemampuan berorganisasi di kalangan mahasiswa. Salah satu IOMS di lingkungan mahasiswa Fakultas Hukum adalah ‘Ikatan Senat Mahasiswa Hukum Indonesia’ (ISMAHI).

Lembaga Kemahasiswaan tersebut bertugas menampung dan menyalurkan aspirasi mahasiswa melalui saluran-saluran yang legal dan penyelesaiannya diupayakan menurut ketentuan yang berlaku.

Keberadaan Lembaga Kemahasiswaan di tingkat Fakultas ini berada di bawah koordinasi Pembantu Dekan III.

 

Informasi lebih lanjut kunjungi website kesma.fh.undip.ac.id atau dapat datang langsung ke Bagian Alumni dan Kemahasiswaan FH UNDIP .